RPP PAI 1 Lembar SD K13 Kelas 6 Semester 2


Assalamualaikum wr.wb bapak dan ibu guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD kelas 6 kali ini admin memberikan sebuah file RPP PAI 1 Lembar SD K13 Kelas 6 Semester 2 dimana RPP ini terdiri dari 1 lembar sesuai dengan instruksi Bapak Menteri Pendidikan Indonesia.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NamaSekolah           :    SDN 03 MARGODADI
Mata Pelajaran       :    Pendidikan Agama Islam&BudiPekerti
Kelas/Semester        :     VI / 2
Pembelajaran 7       :    Menerima Qadha dan Qadar
AlokasiWaktu          :    ….. x 4 JamPelajaran
       
TUJUAN PEMBELAJARAN   
Peserta didik dapat:   
·       Menyakini adanya Qadha dan Qadar.
·       Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar.
·       Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
·       Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.
·         Mengucapkan salam dan memanjatkan do’a bersama;
·         Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempatduduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran; dan
·         Menyapa peserta didik dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
20 menit
2.
Kegiatan Inti
                        Mengamati
·         Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi tentang fenomena kehidupan.
                        Menanya
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang keterkaitan gambar/ilustrasi tersebut dengan materi pelajaran,apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan danpanduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan caramenanya.
·         Secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
Mengeksplorasi
·         Peserta didik secara berkelompok menyimak cerita singkatyang terdapat dalam buku dan mencermati ulasan tentangmakna Qadha dan Qadar berikut contoh dan hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar.
·         Dalam kelompok masing-masing, peserta didik mendiskusikanketerkaitan antara cerita yang terdapat dalam buku teksdengan pemahaman makna Qadha dan Qadar.
·         Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dankelompok lain mengemukakan pertanyaan. Guru memberikanpenguatan terhadap hasil diskusi peserta didik, kemudian menjelaskan kembali pemahaman makna Qadha dan Qadar contoh danhikmah beriman kepada Qadha dan Qadar serta mengaitkannya denganfenomena kehidupan nyata.
                         Mengasosiasi
·         Peserta didik diberi penjelasan oleh guru sebagai tambahan danpenguatan tentang maksud isi gambar/ilustrasi. Peserta didik memyimak penjelasan guru.
Mengkomunikasikan
·         Dari hasil menyimak kisah tersebut, peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secarab erkelompok.
·         Guru memotivasi peserta didik agar selalu menyakini akan adanya Qadar dan memperlihatkan sikap terpuji dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman makna Qadar.
  100 menit
3.
Penutup
·         Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
·         Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
·         Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
20 menit

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan



RPP PAI 1 Lembar SD K13 Kelas 6 Semester 2 UNDUH GRATIS

Demikian artikel dari kami semoga bermanfaat bagi kita semua, Amiin...