RPP PAI 1 Lembar SD K13 Kelas 5 Semester 2










RPP PAI 1 Lembar SD K13 Kelas 5 Semester 2 ini terdiri dari 1 kelas mencakup beberapa pertemuan untuk lebih jelas bapak da ibu guru yang mengampu mata pelajaran PAI da Budi Pekerti kelas 5 SD.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :    SDN 03 MARGODADI
Mata Pelajaran               :    Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester             :    V (Lima) / 2
Pelajaran (7)                   :    Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah Swt.
Alokasi Waktu                :    1  x 4 JP 
Tgl Pelaksanaan             :    …………………….

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
  1. Meyakini keberadaan rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi. 
  2. Menunjukkan sikap sabar dan jujur sebagai implementasi dari pemahaman mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi. 
  3. Memahami nama-nama rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.Menghafal nama-nama rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Pembelajaran dimulai dengan:
1.      Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
2.      Guru memeriksa kehadiran, kerapian  erpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3.      Guru menyapa peserta didik; dan
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
10 menit 
Inti
Apa Makna Rasul Allah Swt.?
Melalui model “Artikulasi” guru melaksanakan proses pembelajaran sebagai berikut.
1.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2.      Melalui motivasi, guru mengajak peserta didik untuk mengemukakan apa yang mereka ketahui tentang makna Rasul Allah Swt. Selanjutnya, guru memberikan penguatan terhadap pengetahuan awal peserta didik tentang Rasul Allah. Communication
3.      Untuk memperkuat pemahaman peserta didik, guru mengelompokkan peserta didik secara berpasangan yang terdiri atas dua orang peserta didik. Collaboration
4.      Selanjutnya, Guru meminta setiap pasangan untuk mencermati Q.S. al-An’am/6: 48 berikut arti dan maksud yang terkandung di dalamnya.
5.      Setelah melakukan pencermatan, salah satu peserta didik dari setiap pasangan diminta untuk menceritakan maksud yang terkandung di dalam Q.S. al-An’am/6: 48, sementara pasangan lainnya mendengar dan mengemukakan beberapa pertanyaan yang relevan. Critical Thinking and Problem Solving
6.      Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan kembali makna yang terkandung dalam Q.S. al-An’am/6: 48 berdasarkan buku teks atau sumber lainnya yang relevan. Communication
7.      Penilaian terhadap setiap kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
115 menit 
Penutup
·         Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
·         Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
·         Melakukan penilaian hasil belajar
·         Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
15 menit 

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan


Untuk dapat memiliki secara lengkap dapat mengunduhnya dibawah ini :

RPP PAI 1 Lembar SD K13 Kelas 5 Semester 2 UNDUH GRATIS

Semoga bermanfaat untuk kita semua demi mencerdaskan anak didik yang Islami dan berahklak mulia. Amiin...