RPP PAI 1 Lembar SD K13 Kelas 3 Semester 2

 

RPP PAI 1 Lembar SD K13 Kelas 3 Semester 2 ini kami berikan sebagai referensi untuk bapak dan ibu semoga mempermudah dalam membuat RPP 1 lembar, untuk melihatnya dibawah ini :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    : SDN 03 MARGODADI
Mata Pelajaran    :    Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas/Semester      :    III / 2
Pembelajaran 8    :     Senangnya BelajarSurat al-Kautsar 
Materi Pokok      : A. Membaca Kalimat dalam Surat al-Kautsar 
Alokasi Waktu       : 1 x 4 Jam Pelajaran
       
TUJUAN PEMBELAJARAN   
Melalui tanya jawab dan bercerita, peserta didik dapat:   
1.       Membaca al-Qur’an Q.S al-Kautsar  ayat 1 sampai 2 sesuai dengan tajwid al-Qur’an yang benar.
2.       Membaca al-Qur’an Q.S al-Kautsar  ayat 1 sampai 3 sesuai dengan tajwid al-Qur’an yang benar.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.
Pendahuluan
·         Pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam dan mengajakpeserta didik berdoa bersama.
·         Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempatduduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·         Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepadapeserta didik.
·         Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai oleh pesertadidik.
·         Guru menyiapkan beberapa alternatif media/alat peraga/alat bantubisa berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yangrelevan.
20 menit
2.
Kegiatan Inti
                        Mengamati
·         Semua peserta didik mencermati bacaan teks, kemudian salah satupeserta didik membacanya.
                        M enanya
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yangtelah diamatinya. Apabila peserta didik mengalami kesulitan, gurumemberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didikmencari tahu dengan cara menanya.
Mengeksplorasi
·         Secara individu maupun berkelompok, peserta didikmelakukan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
·         Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.
·         Pada rubrik “Ayo Bekerja Sama” peserta didik mengamati potonganayat al-Qur’an dari beberapa surat-surat pendek. Kemudianmenyebutkan nama surat dan ayat ke berapa, selanjutnyamenunjukkan ayat yang termasuk surat al-Kautsar .
·         Peserta didik atau kelompok lain menanggapi beberapapendapatnya.
                        Mengasosiasi
·         Sebelum membaca surat al-Kautsar , peserta didik mengamati caraguru melafalkannya, kemudian membaca secara berulang-ulangayat per ayat.
·         Guru meminta peserta didik yang sudah bisamelafalkan surat al-Kautsar  untuk mengucapkan bersama-sama “Aku membaca sendiri surat al-Kautsar  ayat per ayat”.
Mengkomunikasikan
·         Peserta didik secara berpasangandengan teman sebangku/kelompok untuk saling melengkapi ayatper ayat membaca surat al-Kautsar .
·         Peserta didik diminta menjawab pertanyaan dengan isian singkat.
  100 menit
3.
Penutup
·         Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
·         Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
·         Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
20 menit

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
      Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah


(            )
NIP. 

Margodadi, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti


(            )
NIP. 



RPP PAI 1 Lembar SD K13 Kelas 3 Semester 2 UNDUH GRATIS

Demikian dari kami semoga bermanfaat.